Selasa, 17 Juli 2012

Bersiaplah Menghadapi Gangguan Utama Mobil Listrik



OPINI | 17 July 2012 | 13:46 Dibaca: 76   Komentar: 6   Nihil
.
Akhir-akhir ini banyak diberitakan rencana memproduksi mobil listrik nasional dengan tujuan penghematan BBM sekaligus menghindari pengotoran udara akibat gas pembakaran seperti pada mobil dengan BBM.  Kita tahu bahwa di banyak negara, khususnya di negara-negara maju,  produksi mobil listrik sudah cukup lama dikembangkan.  Menghadapi jenis mobil seperti ini tentulah para pemakai dan calon pemakai perlu mengetahui gangguan utama dari mobil listrik.
.
Berbeda dengan mesin mobil berbahan bakar minyak, sumber enerji mobil listrik adalah muatan (enerji) listrik yang tersimpan dalam battery. Pada mobil biasa, battery yang disebut accu (aki) hanya berfungsi untuk lampu, indikator,  klakson dan starter sehingga kapasitas accu yang diperlukan tidaklah terlalu besar. Pada mobil biasa, sepanjang perjalanan (selama mesin hidup), accu selalu diisi (charging) dan terus pula dipakai sesuai fungsi-fungsi tersebut.  Berbeda halnya dengan mobil listrik, battery hanya dapat diisi sewaktu mobil berhenti, sehingga untuk perjalanan jarak jauh diperlukan kapasitas battery yang besar.
.
Nah, untuk mencapai kapasitas battery yang besar dengan ukuran fisik yang tidak terlalu besar, maka dipakai jenis battery berbahan metal, misalnya  jenis Nicad dan NiMh. Jenis battery ini juga dipakai pada banyak perangkat elektronik seperti handphones, laptops, emergency lamps dan UPS (Uninterruptable Power Suplies). Marilah kita lihat cara kerja suatu battery jenis Nicad atau NiMh.
.
Suatu battery sesungguhnya berfungsi sebagai wadah penyimpan muatan listrik. Besarnya daya simpan suatu battery disebut kapasitas battery yang diukur dengan satuan enerji Ah (Ampere hour = Ampere jam) atau KAh (Kilo Ampere hour = ribuan Ampere jam).  Bila muatan dikurangi oleh karena dipakai, isi “wadah” itu berkurang dan pada batas tertentu, isi wadah tak bisa lagi dikeluarkan walaupun masih ada muatannya. Hal ini terjadi karena muatan (isi) yang tersisa tidak cukup untuk memenuhi permintaan dari alat pemakai.
.
Dalam banyak peralatan termasuk mobil listrik, tingkat kepenuhan suatu battery dimonitor dengan suatu alat (indikator) yang menunjukkan berapa persen battery masih berisi; Kalau masih penuh, indikator akan menunjuk 100%, berkurang jadi 90%, 80% sampai angka 0%.  Biasanya sebelum mencapai 0%  sekalipun, peralatan sudah tak bisa dipakai, karena “permintaan” lebih besar dari muatan yang bisa dikeluarkan oleh battery. Kapankah terjadinya “kemacetan” itu yang berarti seperti istilah umum: LowBatt?
.
Inilah faktor penting yang perlu diketahui oleh para pemakai battery termasuk Nicad atau NiMh. Kalau kita memakai suatu tempat beras merek Cosmos misalnya, kita mengisi beras dari bagian atas dan mengeluarkannya melalui pembukaan di bagian paling bawah dari wadah itu. Terjadilah apa yang disebut proses pengeluaran FiFo (First in First out), sehingga beras dapat dipakai berurutan sesuai waktu masuknya dan keuntungannya adalah, beras bisa dipakai kalau perlu sampai habis. Sangat berbeda dengan sifat battery, walaupun ia bersifat wadah penyimpanan. Muatan listrik yang masuk battery Nicad dan NiMh tidak mengikuti kaidah FiFo.  Ia bisa keluar lebih dulu walau masuknya belakangan.
.
Umpamakan bahwa kapasitas battery yang masih sanggup menjalankan mobil (atau peralatan) adalah 5%. Apabila pada saat isi battery benar-benar 5%, pada awalnya mobil masih bisa jalan, tentunya hampir mati. Kalau kita sedang berhenti dan ada tempat charger, maka tentu battery dapat diisi sampai penuh 100%. Namun akan sangat sering terjadi, bila kita telah melakukan perjalanan dalam waktu tertentu dan sampai ke tempat yang ada charger, indikator menunjukkan masih diatas 5%, katakanlah 10%.  Kita akan terpaksa mencharge battery, walaupun belum “kosong”.
.
Nah kalau itu sering dilakukan, muatan yang 10% itu akan menetap dalam battery dan akan bersifat “membeku”, tak bisa dipakai. Walaupun keperluan untuk jalan hanya 5% dari kapasitas battery, isi 10% itu tak bisa dimanfaatkan. Selanjutnya mungkin kita akan harus mengisi battery pada keadaan terisi 15%. Nah itu lagi-lagi, apabila terus dan sering dilakukan (mengingat kita harus menghindari mogok di jalan), maka muatan listrik yang “membeku” akan naik menjadi 15%.  Dan ada kemungkinan, karena khawatir isi battery tak mencukupi untuk menuju suatu target perjalanan, kita mengisi (charge) battery pada indikator 25%. Dan kalau itu terus dan berlanjut, muatan yang membeku bisa 20%, 25%, 30%, 40% dst.
.
Dan inilah bahayanya. Sewaktu akan berangkat, mungkin kita melihat indikator battery 90%, sehingga belum perlu di caharge, padahal efektivitas dari muatan battery yang bisa dipakai mungkin hanya 50%. Sehingga walau indikator menunjukkan isi battery 40%, mobil sudah mogok, karena battery LowBatt.
.
Bagaimana menghindari kejadian seperti diatas? Sama sekali tak bisa dihindari, namun risiko bisa dikurangi. Untuk para pemakai mobil listrik dapat dipakai tips berikut:
.
- Oleh karena Ni Mh battery lebih tahan terhadap multiple charge dalam keadaan belum kosong, dianjurkan untuk selalu memakai Battery NiMh atau battery yang lebih unggul. Jangan memakai Nicad battery, karena muatan listriknya lebih gampang terbekukan.
.
- Jangan terlalu sering mengisi batttery sebelum benar-benar kosong (indikator misal 5%).
.
- Sediakan selalu battery cadangan yang fully charged sewaktu perjalanan jauh atau dekat agar pemakaian bisa digilir sampai mendekati kosong, sehingga kedua battery (utama dan cadangan) bisa berumur panjang.
.
Perlu diingat bahwa ada beberapa merk handphone yang mengatakan batterynya bisa dicharge kapan saja dan setiap saat, itu adalah gombal. Semua battery memiliki karakeristik yang dijelaskan diatas, hanya ada yang lebih tahan dari yang lain, namun sifat “pembekuan” muatan listrik pada battery selalu ada.
Semoga bermanfaat.

 

Siapa yang menilai tulisan ini?





KOMENTAR BERDASARKAN :

17 July 2012 14:43:54
Kenapa masih pake NiMH/NiCd? Bukannya sekarang hampir semua baterai gadget pakai Li-ion ya? Setahu saya, Li-ion lebih tahan ‘pembekuan muatan listrik’ (atau yang lebih dikenal sebagai efek memori). Cmiiw

Hapus | Balas


17 July 2012 15:13:02
Pada handphone yang bagus (Nokia & BB) memang sudah memakai Li-ion. Namun pada mobil belum digunakan walaupun saya tetap tuliskan di tips : NiMh atau yang lebih unggul. Buktinya mobil listrik yang diuji coba Dahlan Iskan masih pakai NiMh, dan teknisi bilang waktu berangkat indikator masih menunjukkan 50% dan ahany berkurang sedikit sewaktu mogok. Mungkin ia lupa tentang “pembekuan” muatan listrik esperti tulisan ini.

Hapus | Balas


17 July 2012 14:51:59
Alternatif bagi mobil listrik adalah dengan menggunakan dua buah batere dimana pengisian (charging) hanya bisa dilakukan jika salah satu atau kedua batere benar-benar ‘kosong’.

Hapus | Balas


17 July 2012 15:16:16
Benar, sesuai dengan tips yang saya berikan diatas.

Hapus | Balas