Sabtu, 23 Juni 2012

Permainan Bola, Tabut dan Aliran Islam Syiah

Sewaktu kecil, saya suka bermain bola bersama teman, dan kalau ada kesempatan suka menonton permainan sepak bola orang dewasa, walau belum paham betul aturan-aturannya.

Ibu saya adalah seorang yang sangat taat beragama, dan bapak saya disamping taat juga seorang guru mengaji. Keduanya sangat suka bercerita tentang agama kepada saya sehingga saya banyak menerima ilmu agama dari kedua orang tua saya.  Suatu ketika ibu saya bercerita tentang asal muasal permainan sepak bola.

Menurut cerita ibu saya itu, permainan bola berasal dari orang-orang kafir yaitu ketika mereka membunuh cucu nabi Muhammad yang bernama Husein dalam perang di Kerbala. Kepala Husein dipenggal, kemudian ditendang-tendang, laiknya orang bermain (sepak) bola saat ini. Karena saya masih kecil, cerita itu saya terima saja tanpa menggugat, toh saya tidak dilarang bermain bola, bahkan bapak saya seorang pemain bola yang fanatik walaupun beliau seorang guru agama.

Sebagai ilustrasi, ibu saya menjelaskan perayaan (sebetulnya peringatan) Tabut, yang di daerah kami disebut Tabuik. Tabut itu menggambarkan peristiwa perang Kerbala antara “orang kafir” dengan Islam; dan diakhir peringatan Tabut (berupa ornamen besar dan berhiaskan berbagai pernak-pernik) akan digoyang dan dilonjak-lonjakkan keatas oleh para pembawanya dengan teriakan “Ya Hasan, Ya Husein, Ya Hasan, Ya Husein….” terus menerus, diarak kearah pantai, akhirnya dibuang ke laut. Itu sebagai tanda, Hasan dan Husein telah meninggal dan arwahnya diangkat menghadap sang Khalik.

Nah, apa hubungannya dengan Syiah?

Setelah saya dewasa, mempelajari banyak buku sejarah termasuk sejarah Islam, saya baru faham, begini: Penguasa Kota Makkah terakhir sewaktu Makkah ditaklukkan oleh pejuang Islam adalah Abu Sofyan. Demikian bencinya Abu Sofyan kepada Islam sehingga permintaan ijin umat Islam untuk menziarahi Ka’bah (berhaji) dijawab dengan ultimatum, apabila orang Islam berani masuk Makkah, tentara Abu Sofyan akan membunuh semuanya. Padahal, utusan yang menghadapnya adalah langsung dari Nabi Muhammad. Akhirnya atas perintah Nabi, sekitar sepuluh ribu orang Islam bergerak menuju Makkah dari Madinah, bersama Nabi sendiri sebagai panglima perang. Ultimatum diserukan pada Abu Sofyan agar menyerah atau diserbu oleh umat Islam. Dan tentara Abu Soyan yang ketakutan akhirnya tak berhasil membendung tentara Islam masuk Makkah, dan Abu Sofyan menyerah. Atas perintah nabi tak boleh ada yang melukai seorangpun penduduk Makkah, sehingga Makaah direbut tanpa setetes darahpun yang tumpah. Kejadian ini membuat penduduk Makkah bahkan akhirnya Abu Sofyan masuk Islam.

Kekalahan Abu Sofyan ini bukan berarti semua keluarganya  setulus hati melepaskan hak memerintah Makkah yang secara turun temurun mereka warisi. Walaupun seluruh keluarga Abu Sofyan masuk Islam, dan sepupunya Usman bin Affan (r.a) diangkat menjadi Khalifah ke tiga, namun dendam keluarga, khususnya dari anak cucu Abu Sofyan ini tetap membara, khususnya terhadap keturunan Abdul Muthalib (kakek Nabi).
Nah, kemudian datanglah waktu yang mereka nanti-nantikan.

Nabi wafat, sahabat dekatnya Abubakar Sidik (r.a) dibaiat menjadi khalifah pertama. Pengumuman wafatnya Nabi dilakukan setelah para sahabat membaiat Abu Bakar Sidik secara diam-diam agar jangan terjadi kekosongan pemimpin. Ini ditanggapi oleh keluarga Nabi secara negatif, karena mereka menginginkan menantu Nabi sekaligus sepupu beliau yakni Ali bin Abi Thalib yang diangkat. Kekecewaan berlanjut ketika Abubakar Sidik wafat, diangkat Umar bin Chattab (r.a), masih bukan Ali.  Oleh sesuatu hal Umar terbunuh, penggantinya lagi-lagi Usman bin Affan bukan juga Ali. Sebagai keluarga dekat Abu Sofyan, banyak yang merasa Usman melakukan Nepotisme, banyak mengangkat para saudara/familinya menjadi gubernur dan walikota, diantaranya Muawiyah bin Abu Sofyan sebagai Gubernur di Syria!!!

Kemudian ketika Usman terbunuh, barulah para sahabat Nabi mengangkat Ali bin Abi Thalib (r.a) sebaga Khalifah ke empat. Oleh karena kesibukan dalam peperangan, Ali tak kunjung mengusut pembunuh Usman. Dan itu membuat keluarga Abu Sofyan berang, akhirnya memberontak terhadap Khalifah Ali. Dengan cara tipu muslihat Muawyiah membunuh Ali, dan menyatakan diri sebagai Khalifah yang baru. Dimulailah pemerintahan Muawiyah !!! Dan dendam lama berkobar dalam dirinya, ingin mehabisi semua keluarga Nabi termasuk semua keturunan Abdul Muthalib. Mari kita ulas sedikit riwayat yang mendahuluinya.

Nabi Muhammad tidak mempunyai anak lelaki yang mencapai dewasa. Satu-satunya anak lelakinya meninggal saat masih kecil. Jadi keturunan Nabi hanyalah dari anak perempuannya Fatimah yang dikawinkan dengan sepupu Nabi sendiri yakni Ali bin Abi Thalib (Abi Thalib adalah paman Nabi). Dari anak perempuannya itulah nabi mendapat dua orang cucu Hasan dan Husein. Kasih sayang Nabi pada kedua cucu tersebut sangat besar. Kadang-kadang Nabi sedang sholat, mereka bermain diobelakang Nabi, Nabi rukuk mereka berlari dibawah selangkangan Nabi, dan ketikaNabi  sujud, sering pula mereka naik keatas punggung Nabi. Hal ini dilihat oleh para sahabat yang kemudian pernah bertanya, kenapa Nabi begitu sayang pada kedua cucunya itu. Jawab Nabi: “Kedua cucuku ini adalah keturunanku, anak-anakku, dan mereka ini akan menjadi sayyid bagi para pemuda di surga”.

Sampailah saat kedua cucu Nabi itu dewasa dan menikah. Karena keduanya suka bergaul dengan para pemuka Islam lain, mereka berkenalan dengan Muawiyah bin Abu Sofyan tersebut diatas. Khususnya Hasan, sangat dekat kepada Muawiyah. Ia tak tahu bahwa Muawiyah menaruh dendam tak habis-habis.

Ini menurut cerita yang berkembang di kalangan syiah: "Suatu ketika Muawiyah mengajak Hasan makan-makan disertai minum-minum. Tanpa disadari Hasan ia diberi minuman keras (khamar) yang membuatnya mabuk. Dalam keadaan mabuk, Hasan didekati oleh anak perempuan Muawiyah (dipancingkan oleh Muawiyah). Dan terjadilah perzinaan yang menyebabkan hamilnya anak perempuan Muawiyah itu.  Serta merta Muawiyah mengadu kepada Nabi, menyatakan bahwa Hasan menzinahi anak perempuannya dan jadi hamil, sehingga menuntut keadilan. Setelah Hasdan dipanggil Nabi dan mengakui perzinaan dalam keadaan mabuk, dengan menyingkirkan rasa sayangnya pada cucunya itu, Nabi tetap menghukum Hasan. Karena Hasan telah menikah, maka hukum zinanya adalah hukuman dera sampai 100x alias sampai mati. Nabi cuma memberi keringan pada Hasan dengan pertanyaan: “Hasan, kamu cucu kesayanganku telah berbuat zina. Kau pilihlah mau dihukum didunia ini namun diakhirat masuk sorga, atau kamu tidak dihukum tapi kamu masuk neraka, aku tak bisa menolongmu”. Hasan memilih dihukum di dunia saja, dan Nabi memberi sedikit keringanan, hukumnya bukan dicambuk, tapi disuruh minum racum. Hasan patuh, wafatlah Hasan, gembiralah Muawiyah".
Namun cerita itu tak masuk akal: Hasan menikah setelah Nabi wafat, ia memang mati diracun namun bukan karena dihukum Nabi karena berzina. Ia masih sembilan tahun waktu Nabi wafat dan meninggal pada usia 48 tahun karena diracun, entah oleh siapa, yang pasti ia tak punya musuh kecuali kelompok Muawiyah yang ingin menyngkirkan semua keluarga dekat Nabi. Cerita itu mungkin dikarang dengan dua tujuan. Pertama agar orang Islam jangan melakukan zina. Kedua karena ingin menunjukkan dendamnya kepada Muawiyah.

Kembali kepada Muawiyah yang telah menyatakan diri sebagai Khalifah bermaksud menghabisi semua keturunan Nabi dan keturunan Abdul Muthalib. Terjadilah pembunuhan-pembunuhan di Makkah. Karena takut, sekitar 300 orang keturunan Abdul Mutahlib sempat melarikan diri ke arah Bagdad. Muawiyah tak kehilangan akal, walikota Bagdad yang tadinya berpihak pada keluarga Nabi, digantinya dengan anaknya Yazid bin Muawiyah bin Abu Sofyan. Dalam keadaan kehausan setelah menempuh perjalan jauh dari Makkah, sesampainya dipinggir Bagdad, Kerbala, rombongan itu diserang tentara Yazid. Perang yang tak seimbang, sekitar 200 orang lelaki keluarga Nabi, melawan sekitar 10.000 tentara Yazid. Hampir semua anggota rombongan dibunuh, termasuk Husein bin Ali, cucu nabi. Kedua cucu Nabi, Hasan dan Husein,  meninggal pada hakikatnya akibat dendam Muawiyah. Untunglah beberapa orang lolos dari pembantaian itu, termasuk anak dari Hasan dan anak dari Husein dan anak dari Abbas (r.a) paman Nabi dilarikan pengawal ke Iran. Dari merekalah terbentuk aliran Syiah, dari merekalah terlahir para penyebar Islam awal ke Aceh dan Sumatera pesisir barat dan Ternate. Para keturunan mereka disebut Alawin (sebagai keturunan Ali), menyebar ke seluruh dunia termasuk Nusantara, menjadi sekitar 80 marga (misal, Al Aydrus, Al Khaidar, Assegaf, Al Jufri, Al Kaf, Al Jamalullail, Ba Hasyim, Al Musawa dsb). Meraka dipanggil Sayyid, Said, Syeh, Habib, dan di Pantai Barat Sumatera dipanggil Sidi (keturunan Al Jamalullail).

Nah pada mulanya, para Alawin tersebut justru membawa ajaran Islam Syiah ke Indonesia, namun karena perkembangan, ajaran itu bercampur dengan aliran Sunnah, sehingga tak ada lagi yang benar2 aliran Sunnah dan tak ada pula yang benar2 aliran Syiah. Sisa kebiasaan Syiah di pesisir Barat Sumatera, ya itulah peringatan Tabut (di Pariaman disebut Tabuik, di Bengkulu disebut Tabot).

Dan yang membunuh Husein itu bukan orang kafir seperti cerita ibu saya. Muawiyah itu Islam, dinastinya justru memperluas wilayah Islam ke hampir sepertiga Eropa dan Asia.

Sepanjang yang saya amati tak ada perbedaan mencolok antara Sunnah dan Syiah, khususnya di Indonesia. Walau kedua orang tua saya pada mulanya mendapat didikan “seperti” Syiah, justru akhirnya mereka menjadi  berfaham Muhamadiah. Ritual sholat yang saya pelajari dari mereka tak ada perbedaan dengan Muhamadiah.
Tetap menyenangi sepak bola, tetap memelihara kebudayaan Tabut, tak ada Syiah, tak dibedakan Sunnah, semua Islam. Bahkan para Habib (Alawin) justru menyatakan diri Aswaja (Ahli Sunnah Wal Jamaah).


33 komentar:

  1. Ada yang mengganjal dalam cerita di atas khususnya pada bagian Hasan telah menikah dan menzinai anak Muawiyah dalam keadaan mabuk.

    Hasan lahir tahun kedua hijrah. Artiya pada saat Rasul wafat, Hasan baru berumur 8 tahun dan belum menikah. Dengan demikian, tidaklah mungkin terjadi Nabi bertemu Hasan saat hasan telah menikah apalagi bersama Muawiyah. Artinya sulit membayangkan kejadian di atas benar-benar terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keraguan anda juga menjadi keraguan saya. Namun itu kan semula berupa cerita ibu saya, kemudian seakan tersambung dengan cerita yangh benar dari buku yang saya baca. Soal Hasan difitnah, saya juga ragu, namun soal dendam keluarga Abu Sofyan itu faktual, keluarga Abdul Muthalib diburu dan dibunuh karena tak mau mengakui khalifah selain Ali -saat itu-. Anda bisa juga membaca buku Bendera Hitam Dari Khurasan karangan Jirji Zaydan. Walau itu novel sejarah, namun kejadiannya tak terlalu berbeda.

      Hapus
  2. Saran saya kalau belum benar-benar faham sejarah islam jangan membuat tulisan sejarah islam seperti ini.
    "demi ALLOH, cerita anda telah memfitnah husain Sebagai pelaku zina dan Nabi SAW yg memberi keringanan terhadap hukuman pelaku zina muhson, dan sbnarnya hukuman zina muhsoN bukan di jilid 100 x, tapi di rajam hingga mati. Dan sebenarnya tidaklah sama antara golongan sunah dan syiah, dan secara pemahaman aqidah mereka telah banyak mengingkari sabda NABI MUHAMMAD SAW. dengan melaknat, dan mengkafirkan ketiga sahabat nabi SAW, hanya mengunggulkan sahabat Ali RA, secara sejarah pun pendahulu syiah adalah orang dari kelompok yahudi, yg sampai saat ini menjadi ancaman bagi saudara islam yg berada di palestina.
    Hapus lah tulisan anda ini, karna bagi setiap pembaca yg masih awam akan sangat membahayakan akidah mereka, dan andalah yang dimintai pertanggung jawaban di hadapan ALLOH SWT.
    "Terkecuali jika anda golongan kafir laknatulloh."

    BalasHapus
  3. lucu, kaum syi'ah memang menghalalkan berbohong, SYI"AH BUKAN ISLAM!!!! dasar cerita bohong,,, gila ini yang buat cerita, SYI"AH LAKNATULLAH

    BalasHapus
  4. sebenarnya apa penyebab dendam mu'awiyah???? dan apakah ustman meninggal setelah wafatnya Rosul.. karena dalam cerita mereka dendam kapada keluarga Rasul karena pada masa pemerintahan Ali yang tak pernah mengusut tentang meninggalnya Ustman keluarga Abu Sofyan???? maaf kurang paham...hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti saya jelaskan, Muawiyah itu anak Abu Sofyan, penguasa Mekah terakhir yang ditaklukkan Islam. Ustman itu adalah saudara sepupu Abu Soyan. Keluarga mereka adalah secara historis turun temurun sebagai penguasa Mekah. Cerita selanjutnya sudah dijelaskan diatas. Apakah Ustman meninggal setelah wafatnya Rosul? Jela dong,Ustman itu khalifah ke tiga setelah Nabi wafat. Muawiyah itu juga sahabat Nabi namun keluarga Ahlul Bait -saat itu- tak sepakat diangkatnya yang selain Ali Bin Abi Thalib. Walau mereka tidak memberontak, namun ketika giliran Ali jadi khalifah, kematian Ustman tidak kunjung diusut. Itu membuat Muawiyah memberontak! Cerita selanjutnya baca diatas.
      Bedakan antara yang saya baca di buku2 dengan cerita ibu saya.
      Syiah awal tidaklah seperti sekarang yang sudah terpecah-pecah. Kalau dianggap syiah itu sesat SEJAK AWAL, BERARTI SEMUA KELUARGA NABI DIANGGAP SESAT !
      Sisa2 kebudayaan syiah yang ada (upacara tabut itu) menunjukkan bahwa syiah adalah penyebara Islam awal ke Indonesia. Syiah yang asli tak jauh beda dengan NU bahkan Gus Dur pernah mengatakan NU adalah Syiah tanpa imamah. Kalau ada aliran syiah yang sesat, jangna dicampur aduk!

      Hapus
  5. Beginilah kalau pemahaman terhadap sejarah islam kurang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengetahuan sejarah anda seberapa benarkah? Saya yang keturunan Ahlul Bait sendiri mempelajari semua sumber yang saya miliki, apa yangh salah dari cerita saya diatas? Kesombongan tidaklah bisa mengubah sejarah.

      Hapus
    2. Cie ngaku ngaku keturunan ahlul bait. Memangnya siapakah nama antum?
      Coba sebutkan nasab antum hingga rasuulullaah. Bisa gak?

      Hapus
  6. Wow kesombongan molai kluar tuh........

    BalasHapus
  7. Bagi yang belum tahu tentang syiah atau anti syiah, saya sarankan untuk membaca tulisan dari link dibawah ini sebagai referensi untuk bentuk tabayyun kepada syiah. Jangan sampai anda belum tahu tentang syiah, tapi sudah berani memvonis syiah sebagai sesat bahkan kafir, hanya karena mendapat info negatif sepihak tentang syiah, lalu langsung mempercayainya dan ikut - ikutan saja, dan di akhirat kelak anda akan menyesalinya dengan penyesalan yang terbesar, karena bisa jadi tuduhan kafir itu jika tidak benar maka akan berbalik mengenai si penuduh [Shahih, HR. al-Bukhari no. 6104 dan Muslim no.60], dan hal itu sudah terlambat, karena pada saat itu penyesalan sudah tiada guna lagi. Untuk bertabayyun, buka dan bacalah:
    https://simpatisansyiah.wordpress.com/
    di web ini hanya ada 1 catatan: "Tabayyun Kepada Syiah: Saya Dari Anti Syiah Menjadi Simpatisan Syiah" saja.
    Semoga bermanfaat. :)

    BalasHapus
  8. والله اعلم ب الصواف

    BalasHapus
  9. Saya hnya berani comen wallahualam....

    BalasHapus
  10. ===> BONUS DEPOSIT HARIAN <===

    DONACOPOKER adalah website judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para player dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    artikel poker

    Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  11. Pokervita Situs BandarQ Terpercaya Di Indonesia Menang Berapapun dibayar dengan rating kemenangan hingga 90%. Penasaran dan masih ragu? Langsung dicoba saja.

    Keunggulan :
    > Bonus Refferal 15%
    > Bonus Turn Over 0,5%
    > Minimal Depo 10.000
    > Minimal WD 25.000
    > 100% Member VS Member
    > Pelayanan DP & WD 24 jam Tanpa Antar Bank
    > Livechat 24 Jam Online
    > Bisa Dimainkan Di Hp Android dan IOS
    > Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik, OVO, Go-Pay, Pulsa Telkomsel dan XL
    > 1 User ID 8 Permainan

    Kami juga menyediakan beberapa game populer saat ini, Judi Bola, Casino Online, Sabung Ayam, Tembak Ikan Joker.

    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    Livechat : www,pokervita,fun
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    QQ Deposit Via Pulsa
    Bandar66 Deposit Pulsa
    Login Site Agen Deposit Pulsa

    BalasHapus
  12. SELAMAT DATANG DI S128CASH AGEN BANDAR JUDI ONLINE TERPOPULER di INDONESIA !!
    Disini kami akan memberikan kenyamanan dan keamanan untuk semua member kami. Kami disini akan memberikan bukti yang pasti kepada Anda semua yang mengaku para Pecinta Permainan Judi Online Indonesia.

    Dapatkan juga BONUS-BONUS menarik yang kami berikan :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

    Jika ada yang kurang paham dan ada yang mau di tanyakan atau langsung mau Daftar S128 Anda, silahkan hubungi kami :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  13. Nikmati Keseruan Bermain Games Online Deposit Pulsa, Dapatkan Keuntungan Hingga Kemenangan Yang Besar Bersama Agent http://104.248.148.252/

    Rate Terbaru Bersama Agent Zeusbola.Win

    Telkomsel : 0.86
    Xl / Axis : 0.92

    Kami Juga Menyediakan Deposit Via :

    • ALL BANK
    • OVO
    • GOPAY
    • LINKAJA
    • DANA

    Menyediakan Permainan Lainnya Seperti :

    • Sabung Ayam S128, Sv388, Kungfu Chicken
    • Bola Tangkas
    • Togel Online
    • Tembak Ikan (JOKER123)
    • Sbobet
    • Maxbet

    Nikmati Seluruh Fasilitas Yang Disediakan Oleh Agent Zeusbola.

    Jangan Lupa Ajak Temannya Untuk Bergabung & Aktif Bermain.

    Jangan Tunggu Lagi, Daftar Sekarang Juga Bersama Agen Resmi Zeusbola Di Indonesia

    DAFTAR Judi Slot Deposit Pulsa – Slot Pulsa
    http://104.248.148.252/register

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Contact Person Us :
    Link : Www.zeusbola.win
    Whatsapp : 0813 3355 5996
    SMS : 0813 3355 5996


    Link Alternatif ZEUSBOLA :

    http://134.209.98.69/judi-deposit-pulsa-slot-online-slot-pulsa/

    Daftar Judi Online Deposit LinkAja Tcash
    http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
    Sabung Ayam Deposit LinkAja – S128 LinkAja


    Poker Pulsa
    Judi Poker Pulsa
    Slot Pulsa
    Judi Slot Pulsa

    Kujungi Juga :


    https://medium.com/@marketingzeusbola/daftar-s128-via-whatsapp-zeusbola-93a6c3a7ccd1

    BalasHapus
  14. Bonus dari NagaQQ
    Bonus Rollingan 0,5% Setiap Senin
    Bonus Referal 20% Seumur hidup
    Ayo gabung sekarang juga..
    https://kontakk.com/@Nagaqq
    www.tapaknaga.com
    www.tapaknaga.org

    BalasHapus
  15. Bonus dari NAGAQQ
    Bonus Rollingan 0,5% Setiap Senin
    Bonus Referal 20% Seumur hidup
    Ayo gabung sekarang juga..
    WHATSAPP : +855967014811

    www.tapaknaga,com
    www.tapaknaga,org
    www.tapaknaga,info
    www.tapaknaga,net

    #AgenBandarqTerbaik #Bandarqq #BandarqqOnline #AgenDominoqq #DominoqqOnline #Aduq

    BalasHapus
  16. Poker online semakin bertumbuh sejalan dengan diimbanginya perkembangan jumlah pemain judi online. Setiap harinya ada saja permain baru yang mendaftar di situs poker online pakai uang asli agar masih dapat bermain.

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    - Semua Bank Lokal
    - OVO
    - Gopay
    - Dana
    - Pulsa (Minimal Deposit 25rb)

    Freechip Angpao Imlek :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * https://pokerayam.club/situs-judi-online-yang-harus-diwaspadai-saat-ini/
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM
    .
    .
    .
    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Freechip Imlek 2020
    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Bonus Angpao Imlek 2020

    BalasHapus
  17. ZEUSBOLA AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA...
    SALAH SATU SITUS AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA DAN AMAN SE-INDONESIA DENGAN BONUS YANG MENARIK.

    AYO GABUNG MENJADI MEMBER DI SITUS JUDI ONLINE TERBESAR DAN TERPERCAYA DENGAN PELUANG JACKPOT DAN MENANG LEBIH BESAR HINGGA PULUHAN JUTA....!!!!

    DENGAN MINIMAL DEPOSIT PULSA 25RB ANDA SUDAH BISA BERMAIN..!!!!!!

    ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Cara Main Judi Sabung Ayam S128 Via Pulsa Telkomsel

    BalasHapus
  18. Cari situs yang menjamin menang terus dan terus-terusan mendapatkan jackpot? Dengan modal pulsa 15rb? Yuk jangan ragu dan pikir panjang lagi, gabung bersama POKERVITA - POKER ONLINE | BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER sekarang juga ..

    Promo bonus besar-besaran Pokervita
    * Promo Harian
    * Promo Mingguan
    * Promo Bulanan

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Judi Poker Online
    Texas Holdem Poker
    Bandar Sakong Online

    BACA JUGA :
    Judi Deposit Via Pulsa Telkomsel XL
    Lupa Password Di Situs Poker Online
    Aplikasi Poker Android Terbaik

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  19. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....
    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  20. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.

    Yang Merupakan Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    https://zeus365.net

    promo s128 sabung ayam

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 download nova88, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  21. DEPOSIT BISA VIA PULSA TELKOMSEL!

    Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan buat permulaan akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di perutusan judi online yg berderajat International, sah dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Juga Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man terhadap beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.pw/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.pw/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    promo s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    zeusbola livechat
    zeus168.org

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  22. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Live Filipine
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 29 Juli 2020

    BalasHapus
  23. Daftar: Daftar Togel Pulsa

    JOIN GRUP : Join Grup Facebook Prediksi Togel

    SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERUNTUNG...

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

    Agen Togel Via Pulsa
    Agen Togel Terpercaya
    Situs Togel Pulsa
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sydney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Agen Togel Terpercaya
    Agen Togel Sydney
    Agen Toto Macau
    MuseumToto


    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500


    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 40.000
    • 2D : 5.000


    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    Rekomendasi Judi Online Museumbola :

    Daftar Museumbola
    Login Museumbola
    Alternatif Museumbola

    BalasHapus
  24. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs poker online terpercaya IDN poker

    Freechip natal & tahun baru

    BalasHapus
  25. CLUB388CASH SABUNG AYAM & SLOT ONLINE INDONESIA TERPERCAYA 2021

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Situs Slot Online Indonesia Club388
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    BalasHapus
  26. BOLAVITA Agent 1 user ID untuk semua permainan

    Mari join bersama kami di agent aman & terpecaya

    Info regis
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus
  27. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    [url=https://zeusbola.mypixieset.com/][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    AJAK TEMANMU DAN DAPATKAN BONUS REFFERALNYA..
    MELAYANI 24JAM LOH..
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    BalasHapus